728x90 AdSpace

Latest

Senin, 19 Agustus 2019

Pengertian Teknologi PhysX untuk Gaming


Pengertian PhysX : adalah efek – efek visual yang realistic dalam game yang merujuk pada hukum fisika (masssa, gravitasi, gesekan angin, aliran air, dll).

Sejarah teknologi PhysX

Teknologi PhysX pertama kali dikembangkan oleh Ageia dan kini telah di akuisisi oleh NVIDIA. Oleh karena itu physX terikat dengan kartu grafis dengan prosesor grafis NVIDIA. Kalkulasi physic oleh engine PhysX memerlukan 2 hal, software dan hardware. Hardware untuk menjalankannya disebut dg PPU (Physic Proccessing Unit), dulu PPU eksklusif hanya ada pada hardware 'Ageia PhysX PPU', namun sekarang oleh NVIDIA PPU tersebut diintegrasikan pada GPU GeForce-nya sehingga efek2 PhysX pada aplikasi tertentu dapat dijalankan hanya oleh NVIDIA GeForce saja. Pada software, kalkulasi physic oleh PhysX engine selain memerlukan driver PhysX, juga hanya akan bekerja pada software2 yg telah mengimplementasikan engine PhysX ini, jadi efek2 physic oleh PhysX engine HANYA akan bekerja pada software2(game2) yg didukung, dg driver yg sesuai, dan hardware yg yg mendukung.

Keunggulan dari PhysX

dengan menggunakan PhysX ini, kinerja prosesor tidak terbebani karena lebih mengoptimasikan kinerja GPU (Graphic Processing Unit).

Efek yang dirasakan dari PhysX dengan jelas adalah ketika pemain menjumpai sebuah ledakan dalam game.
Misalkan efek kehancuran yang ditimbulkan karena ledakan itu akan telihat lebih detail.
Contohnya, dalam game Gears of War ketika pemain melemparkan granat maka ledakan yang ditimbulakan tampak lebih alami, serpihan yang mencuat pun lebih nyata. Efek lainnya yaitu: reruntuhan yang reaktif, tampilan air yang sangat nyata dan tentunya karakter yang lebih hidup.

_____________ 

Secara garis besar PhysX merupakan kalkulasi yang diterapkan dalam game untuk mensimulasikan benda-benda fisik sehingga berlaku layaknya di dunia nyata. Secara teknologi PhysX mengacu pada teknologi di kartu grafis dan juga pada piranti lunak yang digunakan untuk mengembangkan game. 

Teknologi PhysX dikembangkan oleh Ageia yang kini telah dibeli oleh Nvidia. Akibatnya dukungan pada PhysX praktis 'terikat' pada kartu grafis dengan prosesor grafis Nvidia.


Keunggulan PhysX 

Dengan menggunakan PhysX, kinerja pada prosesor pun tidak terbebani. Pasalnya, perhitungan simulasi fisik dilakukan prosesor grafis, bukan prosesor utama. Nah, akibatnya pemain akan mendapatkan lebih banyak framerate (dalam satuan frame per second / FPS) ketika menjalankan game.

Efek PhysX dapat dirasakan dengan jelas ketika pemain menjumpai sebuah ledakan dalam game. Efek kehancuran yang ditimbulkan oleh ledakan itu menjadi lebih detail. Contohnya, dalam game Gears of War ketika pemain melemparkan granat maka ledakan yang ditimbulakan tampak lebih alami, serpihan yang mencuat pun lebih nyata.

Beberapa Game yang mendukung PhysX

Nvidia telah memasukan PhysX-nya ke beberapa game besar. Berikut adalah beberapa di antaranya: 
  • Age of Empire III
  • Gears of War
  • Seri Tom Clancy's Ghost Recon Advanced Warfighter
  • Farcry 2
  • Unreal Tournament 3 

(dan kabarnya, semua game yang menggunakan engine Unreal 3 secara otomatis sudah menggunakan PhysX)
Cryostasis (belum rilis)

Tanpa PhysX Juga Bisa 

Pengguna kartu grafis dari ATI tidak perlu kecewa, pasalnya tidak semua game bagus menggunakan PhysX dari Nvidia. GRID, Left 4 Dead dan GTA IV adalah beberapa di antara game besar yang tidak memanfaatkan PhysX. 

Selain itu, dengan atau tanpa Physx dari Nvidia, game tetap bisa dimainkan dengan nyaman dan menyenangkan. Hanya saja untuk game yang berbasis PhysX ada kemungkinan beban kerja prosesor akan bertambah jika kartu grafisnya tidak mendukung PhysX. 

Bagaimana Cara Kerja Physx?

Sebenarnya, kemampuan memproses gambar atau benda secara detail atau efek ataupun benda physc diproses pada CPU. Dengan begini maka ini sangat membebankan kinerja CPU dan akan memperlambat kinerja CPU sehingga kinerja CPU menjadi kurang optimal. 

Tapi, dengan adanya Physx maka pekerjaan seperti itu dapat dipindahkan ke GPU dengan begitu karena GPU merupakan sebuah alat untuk memproses display pada komputer maka gambar tersebut akan menjadi lebih baik dan tentu saja hal ini membuat kinerja CPU menjadi lebih optimal dan tidak terbebani saat bermain game dan game akan dimainkan dengan sensasi yang lebih baik dan pastinya akan menambah FPS pada game menjadi lebih baik.



Bagaimana Cara Mengaktifkan Physx pada Nvidia?
Berikut ini adalah cara mengaktifkan Nvidia pada komputer :
1. Klik kanan pada layar desktop lalu pilih Nvidia control panel :


2.Lalu setelah di Klik, akan muncul tampilan control panelnya lalu pilih Set Physx Configuration maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah :
3. Lalu, selanjutnya kita pilih Graphic card kita seperti gambar dibawah :

4. Setelah kita pilih grapchic cardnya, lalu kita tinggal kita klik Apply seperti gambar dibawah :

5. Proses mengaktifkannya telah selesai dan rasakan bedanya saat bermain game.

Catatan :
  • - Untuk mengaktifkan fungsi Physx, pada saat instal driver nvidia pilih Custom Installation dan centang/ceklist pada bagian Physx System Software.
  • - Untuk mendapatkan hasil yang optimal usahakan update drivernya ke versi terbaru dan sesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan.
Apakah Physx tersedia untuk setiap Graphic card?
Untuk saat ini Physx hanya tersedia untuk graphic card Nvidia saja. Dengan begitu Graphic card lain belum memiliki software ini sehingga dengan begitu pemrosesan gambar secara detail masih akan dilakukan oleh CPU. Jadi, untuk merasakan sensasi lebih baik dan optimal maka kita perlu menggunakan CPU yang lebih baik jika kita tidak menggunakan Physx.





_____________________________________________
Silahkan mengunjungi Toko Online kami klik disini:

   

Top