728x90 AdSpace

Latest

Jumat, 27 Desember 2019

Mengenal Kartu Grafis Professional Nvidia Quadro dan AMD FirePro


Kalian tentu sudah sangat familiar dengan kartu grafis standar semacam Nvidia Geforce atau AMD Radeon. Kartu grafis "gaming" tersebut memang ditujukan untuk konsumen umum atau pengguna mainstream sehingga lebih mudah ditemukan dipasaran. Selain itu, harganya juga relatif lebih terjangkau.
Lalu, pernahkan kalian mendengar kartu grafis professional ? Mungkin kalian pernah tahu VGA card seperti Nvidia Quadro atau AMD FireGL/FirePro/Radeon Pro. VGA card tersebut merupakan produk kartu grafis professional yang umum digunakan. Berbeda dengan versi standar, kartu grafis professional ditargetkan untuk kalangan professional kreatif seperti desainer grafis, arsitek, 3D artist, dll.

Banyak pengguna komputer menganggap kartu grafis professional memiliki kemampuan yang jauh lebih bagus dari pada versi standar. Mungkin ini disebabkan harga kartu grafis professional jauh lebih mahal. Kebanyakan orang juga menyarankan penggunaan kartu grafis professional jika ingin bekerja pada bidang grafis.

Sebelumnya, apa perbedaan antara kartu grafis professional dengan kartu grafis standar ?

Dari namanya, mungkin kalian sudah bisa memahami jika kartu grafis standar digunakan untuk keperluan standar seperti hiburan (multimedia/gaming) dan pekerjaan umum. Kata "professional" menunjukan bahwa kartu grafis tersebut diproduksi dengan ekspektasi tinggi seperti kinerja paling optimal, lebih reliable, dukungan lengkap, dan berkualitas tinggi. Oleh karena itu, kartu grafis professional tidak sekedar untuk alat bantu kerja, tapi juga untuk meningkatkan produktifitas dan keuntungan.


Jika dianalogikan, kartu grafis professional dan standar ibarat pisau bedah dan pisau dapur. Meski keduanya dapat digunakan untuk memotong, tapi penggunaannya berbeda. Pisau dapur bisa digunakan untuk memotong banyak barang, sedangkan pisau bedah khusus digunakan untuk memotong dengan perhitungan yang akurat.
Secara spesifikasi teknis, kartu grafis professional dan standar sebetulnya tidak jauh berbeda. Fitur dan kelengkapannya juga serupa. Bahkan, arsitektur GPU (Graphic Processing Unit) yang dipakai juga sama. Namun, seperti pada analogi sebelumnya, kartu grafis professional sangat unggul dalam akurasi atau perhitungan yang presisi.
Dalam bidang grafis, tentu sangat membutuhkan detail yang presisi serta akurat. Di sini, kartu grafis professional akan membantu kalian dalam viewport untuk memunculkan berbagai objek grafis secara halus tanpa mengalami lag/jaggies. Jika kalian bekerja pada model grafis dengan tekstur kompleks, high polygon berskala masif atau resolusi tinggi, yang membutuhkan presisi dan akurasi tinggi, maka kalian perlu menggunakan kartu grafis professional.
GPU pada kartu grafis professional menggunakan operasi perhitungan floating point sehingga mampu melakukan kalkulasi dengan lebih presisi.

Apakah kartu grafis standar juga bisa bekerja secara "professional" ?

Jawabannya bisa. Tentu fitur "professional" seperti presisi tinggi tidak disertakan dalam kartu grafis standar. Jadi, kalian mungkin akan menemui jaggies atau pergerakan objek yang kurang halus dalam viewport. Agar tetap nyaman saat melakukan modeling grafis dengan memilih VGA card standar, sebaiknya menggunakan model bertekstur sederhana dalam skala yana tidak terlalu besar.
Sebaliknya, kartu grafis professional juga dapat digunakan untuk keperluan standar seperti bermain game. Namun, sangat tidak sepadan dengan penggunaannya mengingat harga kartu grafis professional yang sangat mahal.

Berikut ini daftar urutan GPU pada kartu grafis professional


NoNvidia QuadroAMD FirePro/Radeon Pro
1Quadro P6000
2Quadro P5000, M6000 24GB, P4000
3Quadro M6000Radeon Pro Duo
4Quadro P2000, M5000Radeon Pro WX 7100
5Quadro K6000FirePro W9100
6Quadro M4000, K5200FirePro W3900 
7Quadro P1000, Quadro 2000FirePro W8100, W7100
Radeon Pro WX 5100
8Quadro P3000, K4200, M2000, K5000FirePro W8000, W7000
9Quadro K2200, M2200, P600, K1200FirePro W5000, W5100
10Quadro K4000, M620, M1200, K620FirePro W4300
11Quadro K2000, K2000D, M520, K600, 600 dllFirePro W600, W4100

Sumber : Passmark


Kesimpulan ?

Kartu grafis professional semisal Quadro atau FirePro lebih cocok untuk kalian yang merancang model grafis dengan tekstur rumit dalam skala besar. Contohnya desain kompleks pemukiman dan perkotaan atau desain interior dengan banyak objek high polygon. Jika hanya untuk mendesain rancang bangun sederhana seperti denah rumah dan tata letak bangunan, kalian cukup menggunakan kartu grafis standar.
Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kalian...


---------------------------------------------------------
Sumber: 
https://www.teknojempol.com
Passmark
https://www.avadirect.com 





_____________________________________________
Silahkan mengunjungi Toko Online kami klik disini:

   

Top