728x90 AdSpace

Latest

Kamis, 09 Januari 2020

Pengertian VGA Card atau kartu grafis

Pengertian VGA Card

Pengertian VGA Card atau kartu grafis adalah suatu perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah dan menerjemahkan data grafis komputer menuju ke layar monitor. VGA card ini memiliki Graphics Processing Unit (GPU) sebagai procesor dan juga membutuhkan memory. Pada umumnya kartu grafis atau VGA card ini bisa dianggap sebagai komponen yang penting, dan juga bisa dianggap komponen yang tidak penting. Hal ini tergantung dari kebutuhan pengguna komputer masing-masing.

Sejarah VGA

VGA Card pertama kali dibuat tahun 1981 oleh IBM dengan nama IBM PC video card. Pada saat itu istilahnya adalah MDA (Monochrome Display Adapter) dan hanya bisa beroperasi untuk text mode dengan ukuran 80 kolom 25 baris (80×25). Mempunyai video memory sebesar 4KB dan hanya mensupport 1 warna saja.
Original Hercules Graphics Card (1984) with an additional LPT (printer) connector.

Setelah kemunculan MDA kemudian bermunculan beberapa kartu grafik.

Kesuksesan VGA menarik minat beberapa perusahaan seperti ATI, Cirrs Logic dan S3 untuk mengembangkan teknologi ini dengan meningkatkan kemampuan resolusi dan jumlah warna. Hal ini melahirkan teknologi resolusi standar SVGA (Super VGA) , dengan resolusi 1024×768, 256 warna dan memory 2MB.

Pada tahun 1995 muncul ke pasaran kartu grafis 2D/3D yang dikembangkan oleh Matrox, Creative, S3, ATI dan lain-lain. Kartu grafis ini mengikuti standar SVGA tapi sudah mendukung teknologi 3D.

Pada tahun 1997, 3dfx mengeluarkan Voodoo graphic chip yang lebih kuat dari kartu grafis lainnya pada saat itu, dengan memperkenalkan teknologi 3D effects seperti mip mapping, Z-buffering dan anti-aliasing. Setelah kemunculan Voodoo, kartu grafis 3D lainnya bermunculan seperti Voodoo2 dari 3dfx, TNT dan TNT2 buatan Nvidia.

Bandwidh yang dibutuhkan oleh kartu-kartu grafis ini mendekati limit kapasitas PCI bus pada saat itu. Intel mengembangkan AGP (Accelerated Graphics Port) yang memecahkan permasalahan bottleneck antara microprocessor dan kartu grafis. Dari tahun 1999 sampai 2002, Nvidia menguasai pasaran kartu grafis (mengalahkan 3dfx) dengan produk GeForce-nya.

Sejak tahun 2003, ATI dan Nvidia mendominasi pasaran kartu grafis dengan produk Radeon dan GeForce mereka dengan jumlah hampir 90%.


Fungsi VGA Card

Seperti yang telah di jelaskan di awal, VGA Card adalah sebuah perangkat keras / Hardware yang bertugas untuk mengolah data berbentuk analog maupun digital yang kemudian di outputkan kedalam bentuk visual ke monitor. Bentuk fisual tersebut tentunya berupa gambar, video, objek 2D hingga 3D.


Macam-macam Jenis Slot VGA Card
Slot ISA (Industry Standard Architecture) Sistem bus yang digunakan I/O 8-bit atau 16-bit
Slot EISA (Extended Industry Standard Architecture) Sistem bus yang digunakan I/O 32-bit
Slot PCI (Peripheral Component Interconnect) Sistem bus yang digunakan I/O 32-bit atau 64-bit
Slot VGA AGP (Accelerated Graphics Port) Sistem bus yang digunakan I/O 128-bit atau 256-bit
Slot VGA PCI Express atau sering di sebut “PCIe” (Peripheral Component Interconnect Express) Bus yang digunakan adalah Serangkaian sistem I/O yang memiliki daya transfer hingga 32 GB/s
catatan : I/O adalah Unit Input dan Output (sebuah mikroprosesor yang bertugas memproses data masukan dan data keluaran)


-------------------- 
Sumber
https://jogjaweb.co.id




_____________________________________________
Silahkan mengunjungi Toko Online kami klik disini:

   

Top