728x90 AdSpace

Latest

Minggu, 04 Oktober 2020

Teknologi Vulkan dalam Grafis (VGA)



Apa Sih Vulkan Itu? Begini Penjelasannya

Kita tahu bahwa teknologi Vulkan sudah hadir sejak beberapa tahun ke belakang, namun nyatanya banyak dari kita tidak mengetahui secara pasti tentang hal tersebut. Padahal, anda mungkin sudah memiliki perangkat yang sudah siap mendukung teknologi ini sepenuhnya. Jadi, dalam atikel ini kami akan sedikit flashback mengenai pengertian dan sekilas sejarah tentang teknologi Vulkan.

Ada banyak pilihan GPU hingga hari ini yang memiliki spesifikasi tangguh dengan teknologi terbaik, namun nyatanya kemajuan dalam teknologi grafis bukanlah domain utama perangkat keras yang eksklusif tersebut. Sementara pengumuman kartu baru mendapat banyak perhatian, namun pada dasarnya adalah pilihan software yang memastikan semua kekuatan itu tidak sia-sia belaka. Contohnya begini, sebuah mobil sport tercepat di dunia mungkin hanya akan duduk diam di lintasan sampai supir yang terampil bisa memakainya di belakang kemudi. Di situlah Vulkan ikut bermain.

Jadi, apasih Vulkan itu?

Vulkan awalnya diumumkan oleh konsorsium teknologi non-profit Khronos Group pada Game Developers Conferenc pada tahun 2015, dimana ini merupakan interface pemrograman aplikasi cross-platform yang mampu meningkatkan semua kekuatan kartu grafis yang ada bahkan hingga saat ini dengan level terbaru.

Sebagai API dengan overhead rendah, Vulkan merupakan langkah maju untuk API Mantle AMD, yang dengan sendirinya merupakan penerus spiritual dari antarmuka OpenGL. Meskipun dibangun di atas Mantle dan AMD nyatanya membantu berkontribusi, Grup Khronos sebagian besar bertanggung jawab atas pengembangan Vulkan.

Apa yang dilakukan Vulkan sebenarnya ?

Sederhananya, Vulkan merupakan langkah selanjutnya dalam evolusi standar terbuka yang dipopulerkan oleh OpenGL, dan ini nyatanya merupakan penghilangan langsung dari API Mantle AMD. Dengan hadirnya teknologi ini, ia akan membawa banyak manfaat yang hampir sama dengan teknologi seperti DirectX 12, jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Kita akan melihat bagaimana Grafis kini terlihat lebih bagus, dan permainan terasa berjalan lebih cepat, baik pada DirectX 12 termasuk juga Vulkan. Walaupun, pilihan Vulkan tampaknya memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan platform Microsoft yang berada di luar kinerja.

Sebagai permulaan, DirectX 12 merupakan pilihan yang dipanggang ke dalam Windows 10, platform all-in-one milik Microsoft. Itu bagus untuk pengembang yang ingin memindahkan kode mereka dari, katakanlah, Xbox One ke Windows Phone. Namun, hal tersebut tidak begitu bagus jika pengembang memiliki pilihan di luar ekosistem Windows. Nah, dari situlah Vulkan masuk. Kode Vulkan nyatanya merupakan pilihan agnostik platform, dimana ia bisa hadir dari konsol, ke PC, ke smartphone, terlepas dari sistem operasi. Anda bahkan akan melihat setiap jenis permainan akan terasa sama baik pada OS Windows, Linux dan sebagainya.

Gaming Yang lebih baik

Biasanya, standar yang lebih tua seperti DirectX 11 dan OpenGL memiliki proses otomatis alokasi memori di GPU, sedangkan teknologi Vulkan memberi pemrogram kontrol yang lebih besar lagi atas perangkat kerasnya, yang berarti pengembang memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam berinteraksi dengan GPU dan CPU. Tingkat kontrol itu cocok untuk driver yang lebih tipis, namun juga memberi opsi pengembang mengenai seberapa banyak kontrol perangkat keras yang mereka inginkan. Devs dapat memilih menggunakan Vulkan secara langsung, artinya mereka memiliki kontrol penuh terhadap perangkat keras. Tingkat kontrol perangkat keras yang pertama kali dilihat di Mantle membawa lebih banyak ke Vulkan, memungkinkan pengembang memanfaatkan lebih banyak inti CPU dan GPU.

Ini juga berarti game yang dilengkapi dengan teknologi ini akan mampu untuk menangani aplikasi virtual reality ke depan, serta peningkatan perangkat keras lainnya seperti monitor rentang 4K dan tentu saja pilihan dinamis yang lebih tinggi. Dengan kata lain, permainan akan terlihat jauh lebih baik lagi, saat mengambil keuntungan lebih efisien dari perangkat keras yang ada dan yang sedang berkembang. Kita bahkan bisa melihat permainan yang berjalan dengan Vulkan akan memiliki peningkatan kinerja setinggi 25%.

Teknologi Vulkan untuk Platform Lain

Vulkan bisa jadi tembakan besar di tangan para gamer Linux, yang sejauh ini mereka bisa melakukan sesuatu yang hampir sama untuk urusan game, meskipun perpustakaan game kadangkala masih terbatas namun terus berkembang. Ini juga berarti Valve’s SteamOS, yang merupakan turunan Linux, akan menjadi platform yang lebih layak bagi para gamer untuk mengantarkan kuda mereka untuk sebuah permainan.

Kerangka API Vulkan nyatanya hari ini disatukan di seluruh platform perangkat keras. Itu berarti tidak ada perbedaan antara Vulkan yang berjalan di smartphone kita dengan teknologi Vulkan yang berjalan di rig gaming khusus PC.



Jadi, Adakah Dampak Besar Untuk VR?

Untuk membuat pengalaman VR nyaman bagi pengguna, terlepas dari perangkat keras atau perangkat lunaknya, pilihan grafis tetaplah yang utama, dimana ia perlu mampu menjalankan kinerja pada 90 frame per detik. Namun ketika GPU anda sudah mampu, maka kehadiran software perlu mempertahankan 90 fps tanpa harus menjatuhkan frame agar gamer tidak kehilangan perendaman, atau lebih buruk lagi, merasa sakit secara fisik. Disinilah Vulkan membantu menekan overhead yang lebih rendah untuk realitas maya dan fitur kinerja yang lebih cepat, namun mengurangi latensi. Latency rendah sangat penting bagi pengalaman VR.


Vulkan adalah cara terbaik untuk mendapatkan performa ini, dimana pilihan teknologi seperti OpenGL maupun DX11 tidak akan bisa mencapai level itu. Ini bukan berarti ada yang salah dengan keduanya, namun kita bisa mengatakan bahwa hanya ada satu pilihan teknologi terdepan yang mampu untuk meminimalkan latensi dan meningkatkan responsif, dimana kedua dukungan teknologi sebelumnya belum mampu mendukungnya.

Jadi jika anda seorang gamer, ada banyak keunggulan dari apa yang ditawarkan teknologi ini, namun yang pasti, Game akan terlihat lebih baik, berjalan lebih baik, dan berjalan di platform yang lebih banyak. Dan jika anda seorang pengembang, Vulkan memberi kita kontrol yang belum pernah terjadi sebelumnya atas perangkat keras, sambil merampingkan proses permainan port ke platform lain. Tidak peduli bagaimana kita akan melihatnya, Vulkan dimaksudkan untuk menjadi pemenang bagi semua orang di game.

__________________________________

Sumber: https://www.murdockcruz.com/   by Indra Setia Hidayat

_____________________________________________
Silahkan mengunjungi Toko Online kami klik disini:

   

Komentar baru tidak diizinkan.
Top