728x90 AdSpace

Latest

Minggu, 12 Juni 2022

Mengenal DirectX Secara Umum dan Cara Install


Mengenal DirectX Secara Umum

Seperti Vulkan dan OpenGL, DirectX adalah API yang memungkinkan Anda menjalankan video game di komputer Anda. Namun, tidak seperti rekan-rekannya, DX adalah platform milik Microsoft dan hanya berjalan di Windows secara native. OpenGL dan Vulkan, di sisi lain, berjalan di Mac serta Linux.

DirectX merupakan sebuah aplikasi yang pada dasarnya untuk menghubungkan sebuah program terhadap hardware. Misalnya untuk mengizinkan game untuk bisa berinteraksi dengan gamepad dan video card. DirectX merupakan aplikasi yang diciptakan oleh Microsoft yang berisikan Application Programming Interface atau API.

DirectX ini biasanya lebih dikenal di kalangan gamer, karena aplikasi ini merupakan syarat utama untuk menjalankan game di Windows. Jadi, kalau DirectX belum diinstall atau belum diupdate, maka otomatis game tidak bisa jalan dan akan memunculkan notifikasi error.

Fungsi DirectX ini kebanyakan digunakan untuk Anda yang hobi menginstall sendiri game komputer. Pasti Anda yang suka dengan hal ini tidak asing dengan istilah DirectX. Bisa dikatakan kalau DirectX merupakan komponen pendukungnya. 

Cara Kerja DirectX

DirectX merupakan penghubung interface antara hardware dalam komputer dan sistem operasi, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface). Dalam penerapannya, ketika developer game ingin memutar file suara, maka mereka hanya perlu memanggil library yang sesuai. Pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara.

Dengan kata lain developer game tidak perlu tahu jenis sound card apa yang diakan dipakai oleh user, apa yang dapat dilakukannya, atau bagaimana berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pabrikan sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. Jadi developer hanya menanyakan suara yang ingin dimainkan, dan ini berlaku untuk semua jenis komputer.



Komponen DirectX

Sebuah DirectX memiliki banyak API yang bisa programmer gunakan untuk membuat aplikasi yang bisa dijalankan pada banyak komponen. Berikut beberapa komponen DirectX:
  • DirectX graphics yang merupakan komponen dalam DirectX yang menangani masalah pada graphic, biasanya sangat dibutuhkan oleh games yang akan dimainkan. Mulai dari direct drawa atau graphic 2 dimensi sampai direct 3 dimensi.
  • DirectX input merupakan komponen DirectX yang menangani bagian peripheral hardware input seperti mouse, keyboard, joystick, dan lain-lain.
  • DirectX sound merupakan komponen dasar yang berisi konfigurasi audio pada komputer. Banyak media player yang mewajibkan adanya direct sound ini seperti misalnya VLC player dan WinAMP.
  • Direct3D (D3D) yang digunakan untuk menggambar grafik 3D.
  • Direct2D (D2D) yang digunakan untuk menggambar grafis 2D.
  • DirectWrite yang digunakan untuk font.
  • DirectCompute yang digunakan untuk pemrosesan GPU.
  • XAudio2 yang digunakan untuk audio dengan API rendah.
  • XACT3 yang digunakan untuk audio API tinggi.
  • DirectPlay yang digunakan untuk komunikasi koneksi area lokal atau area luas.
  • DirectMusic digunakan untuk putar balik rekaman suara yang disahkan di DirectMusic Producer.
  • DirectSetup digunakan untuk memasang komponen DirectX.
Selain berfungsi untuk programmer, adapun fungsi DirectX untuk pengguna seperti gamer. Fungsi durectx sebagai perantara hardware dengan sistem operasi, jadi dengan adanya DirectX, hardware yang dimiliki dapat dioptimalkan lebih baik digunakan bermain game atau program lainnya.

Semakin baru versi DirectX, maka semakin bagus pula pengoptimalam yang dilakukan. DirectX ini fungsinya mengoptimalkan performa hardware, bukan meningkatkan. Semuanya memang tergantung hardware yang dimiliki.

Versi DirectX

Awalnya DirectX mulai diperkenalkan di Windows 95 dan menggunakan DirectX versi 9 di Windows XP. Pada tahun 1995 tersebut, DirectX versi 1 telah meluncur. Kemudian disusul pada tahun yang sama, versi 2 dan ditambahkan secara bawaan ke instalasi Windows 95 yang baru.

Saat Microsoft meluncurkan Windows XP, versi direcx seudah mencapai versi 9. Versi ini pun mendapatkan update lagi dengan huruf di belakangnya yaitu versi 9.0a, 9.0b, dan terakhir 9.0c. Dan versi terakhir yaitu DirectX 12 yang hadir dengan berbagai fitur untuk membuat aplikasi maupun game yang lebih interaktif.

Cara Instal DirectX Terbaru

DirectX biasanya sudah terpasang di Sistem Operasi Windows modern, jadi tidak perlu mengunduhnya secara manual. Untuk memulainya, perbarui DirectX ke versi terbaru yang dapat didukung oleh windows Anda. Semua versi Windows tidak mendukung semua versi DirectX. Berikut sekilas tentang bagaimana setiap versi DirectX bekerja dengan Windows Family.
  • DirectX 12 - Ini hanya mendukung windows10 & hanya disertakan dalam versi windows itu.
  • DirectX 11.4 & 11.3 – hanya mendukung windows10. Meskipun dengan update ke windows DirectX 12.0 juga bisa
  • DirectX 11.2 – Ini hanya mendukung Windows10 & windows8 (8.1+). Tidak ada unduhan terpisah yang tersedia di DirectX 11.2. Setiap pembaruan untuk ini tersedia di pembaruan Windows.
  • DirectX 11.1 – Mendukung Windows 10 & Windows 8 & Windows7 hanya setelah menginstal Pembaruan Platform untuk Windows 7.
  • DirectX 11.0– Setelah menginstal Pembaruan Platform untuk Windows Vista, ini dapat mendukung Windows Vista. terutama, ini mendukung Windows 10, Windows8 & Windows 7
  • DirectX 10– Ini didukung dengan sukses di Windows 10, 8, 7 & Vista.
  • DirectX 9 – didukung di Windows 10, 8, 7 & XP

Instalasi Manual DirectX Terbaru

Jika Anda tidak tahu cara menginstal DirectX di PC Anda, ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini. Mohon jangan melewati salah satu langkah, jika tidak, Anda akan berakhir dengan beberapa kesalahan.
  1. Langkah1: Buka situs Microsoft dan kunjungi halaman download DirectX.
  2. Langkah2: Dari kotak dropdown, pilih bahasa pilihan Anda. Sekarang, klik unduh untuk menyimpan file setup ke komputer Anda.
  3. Langkah3: Buka file dxwebsetup.exe dan selesaikan instalasi DirectX dengan mengikuti petunjuk dari situs web Microsoft atau program instalasi. Diperlukan waktu kurang dari satu menit untuk menginstal
  4. Step4: Restart komputer Anda bahkan Anda tidak diminta untuk melakukannya.
  5. Langkah5: Setelah restart, uji untuk melihat apakah sudah berfungsi.

OpenGL merupakan saingat berat DirectX saat ini. OpenGL memiliki fungsi yang sama dengan DirectX namun memiliki kelebihan dimana OpenGL bisa digunakan untuk banyak sistem operasi seperti MacOS dan Linux serta Windows.


Penulis tidak memiliki kemampuan untuk membandingkan DirectX dengan OpenGL, sehingga anda bisa melihat perbedaannya di video dibawah. Selain OpenGL, ada saingan lain dengan nama Vulkan yang juga menjadi API untuk grafis populer saat ini.





_____________________________________________
Silahkan mengunjungi Toko Online kami klik disini:

 

Next
This is the most recent post.
Posting Lama

Top