728x90 AdSpace

News

Selasa, 06 Februari 2024

Awas VGA Palsu! Cara Sederhana untuk Memastikan Keasliannya



Untuk merakit dan membangun sebuah PC gaming tentu saja dibutuhkan VGA atau kartu grafik yang mumpuni. NVIDIA dan AMD sudah lama menjadi dua manufaktur terbesar di dunia dalam hal pembuatan kartu grafik. Sebetulnya masih ada Matrox sebagai manufaktur VGA ketiga, tapi mereka lebih berfokus pada pembuatan perangkat grafik untuk video call. Nah, harga dari VGA memang tergolong cukup mahal, bahkan untuk kelas bawahnya. Hal ini disebabkan oleh biaya yang tidak murah, dari riset, hak paten, produksi, pemasaran, distribusi, dan banyaknya permintaan di pasaran. Sayangnya, mahalnya harga VGA asli justru jadi momentum bagi pihak tak bertanggung jawab untuk membuat fake VGA alias produk abal-abal.So, bagi kamu yang ingin membeli sebuah VGA atau kartu grafik, pastikan dulu keasliannya melalui lima cara sederhana di bawah ini.

1. Lihat harganya

Cara pertama ini memang terbilang cukup klise. Namun, nominal harga yang terlampau murah bisa menandakan ada yang tak beres di sana. Misalnya, harga resmi VGA jenis A di pasaran adalah Rp5 juta. Nah, jika ada yang menjual VGA jenis sama dengan harga jauh di bawah itu, misalnya hingga separuhnya, bahkan 70 persen, kamu wajib waspada.Pasalnya, menurut pengalaman penulis, harga VGA resmi tidak akan jauh berbeda meski diproduksi oleh beberapa vendor. Jika ada perbedaan, mungkin hanya di kisaran 200 hingga 300 ribu rupiah tergantung merek dan distributor. So, pikir kembali jika kamu akan membeli VGA yang berharga tak masuk akal. Bisa jadi itu adalah produk abal-abal yang tampilannya disulap menyerupai aslinya.

2. Perhatikan fisiknya

VGA atau kartu grafik asli tentu saja memiliki fisik yang sangat berbeda dengan produk abal-abal. Biasanya, VGA abal-abal tidak menyertakan nama merek dagang. Andaipun ada, mereknya terdengar asing di telinga. Lalu, perangkat yang asli biasanya memiliki bobot dan kualitas baik dalam bentuk fisiknya. Sementara itu, VGA yang tidak jelas akan terasa ringan, ringkih, dan tidak berkualitas.Nah, lalu bagaimana jika melihatnya secara online? Sayangnya, cara ini sangat sulit karena ada penjual yang menampilkan gambar dari Google. Tanyakan pada penjual untuk menyertakan gambar atau foto asli dari VGA yang ia jual. Lihat merek dan dus yang disertakan. Pada umumnya, produk yang abal-abal sekilas akan tampak berbeda dengan aslinya.

Secara fisik, vga palsu ini cukup unik dan cukup mudah dikenali. Beberapa ciri fisik  yang dimilikinya antara lain:
  • Hanya menyertakan merk Nvidia tanpa merk produsen VGA.
  • Stiker VGA Nvidia kuning di fan VGA.
  • Kardus bergambar Avenger atau superhero lainnya.
Diduga VGA fake - beberapa cek dan test hasil Fake

Fitur di lebih-lebihkan: 

Ciri lainnya VGA palsu adalah fitur yang dilebih-lebihkan. Beberapa fitur andalan yang sering mereka cantumkan adalah VR ready pada seri Nvidia GT 700 series. Padahal di seri ini dari Nvidianya sendiri tidak memberikan fitur tersebut. Selain itu mereka juga sering melebih-lebihkan VRAM dari kartu grafis tersebut. Jadi pastikan selalu cek di situs resmi spesifikasi dari kartu grafis yang beredar untuk menghindari mendapat VGA palsu. 

3. Jangan lupakan garansi

Merek atau pabrikan resmi, macam ASUS, MSI, Gigabyte, Zotac, EVGA, Sapphire, PCPartner, HP, Dell,  dan Palit akan memberikan garansi bagi pembelinya. Bahkan, tak jarang mereka akan memberi garansi selama 2 hingga 3 tahun. Garansi adalah salah satu layanan resmi yang dapat melindungi konsumen jika suatu saat produk yang dibeli mengalami kendala. Tentu saja kita pun juga wajib mengikuti peraturan yang berlaku.Nah, kamu harus berhati-hati jika penjual tidak bisa menjelaskan tentang garansi resmi tersebut. 
  • Jika produk yang ditawarkan adalah Baru, kamu wajib menanyakan jenis dan lama garansinya. Kartu garansi pun biasanya akan disertakan di dalam kotak atau paket penjualan. Oh, ya, pastikan juga driver VGA yang kamu beli bisa di-update atau compatible dengan driver dari online di situs-situs resmi mereka.
  • Jika Produk yang ditawarkan Bekas/ Second, wajib ditanyakan dan dipastikan tertera hasil cek spesifikasi dari VGA tersebur misal dengan software TechpowerUp GPU-Z dan 3DMark. pastikan juga ada garansi minimal 7 hari untuk memastikan produk original untuk dilakukan pengecekan menggunakan software tersebut (bisa didownload free dari web). 

4. Deteksi software adalah cara paling ampuh

Metode yang satu ini adalah cara yang paling valid dalam mendeteksi sebuah perangkat VGA. Yup, dengan software, semua kinerja dan spesifikasi dari kartu grafik tersebut bisa diketahui secara nyata. Ada dua perangkat lunak yang bisa digunakan untuk memeriksa keaslian atau spesifikasi sebuah VGA, yakni TechpowerUp GPU-Z dan 3DMark. Jika VGA yang dipasang adalah produk abal-abal, biasanya GPU-Z akan mendeteksi perangkat tersebut sebagai fake VGA. Terlihat jelas juga bahwa manufaktur dan jenis chip yang ditanamkan sangat berbeda dengan spesifikasi asli yang seharusnya. Sementara itu, 3DMark akan memeriksa sebuah VGA apakah perangkat tersebut layak menjalankan grafik 3D (game) atau tidak.Memang ada beberapa barang abal-abal yang telah mengalami modifikasi software BIOS, misalnya kemampuan aslinya hanya di 256 MB DDR2, tetapi diklaim punya spesifikasi 4 GB GDDR5. Nah, kendati demikian, program GPU-Z dan 3DMark tetap akan membaca semua kinerja VGA secara keseluruhan. Jadi, dengan kedua software tersebut, borok dari kartu grafik abal-abal akan terbongkar.

Contoh hasil cek GPUZ - deteksi GPU FAKE
 
Selain itu, kamu masih bisa membeli produk VGA di toko terpercaya langganan kalian. Jangan sungkan untuk menanyakan keaslian, garansi, spesifikasi, dan jaminan produk. Hal ini memang harus dilakukan oleh pembeli supaya tidak kerepotan di saat produk elektronik yang dibelinya mengalami masalah di kemudian hari.So, itu tadi beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan jika kamu ingin membeli VGA. Semoga artikel ini bisa membantu dan menambah wawasan. 


----------------------------------------- 
Sumber : 
https://www.idntimes.com/tech/
https://cukuptau.id/
https://gamebrott.com/ 





_____________________________________________
Silahkan mengunjungi Toko Online kami klik disini:

 

Next
This is the most recent post.
Posting Lama

Top