728x90 AdSpace

News

Selasa, 06 Februari 2024

Pertimbangan dalam Memilih VGA - Tips Pilih VGA (GPU Card)




Memilih VGA - VGA (Video Graphics Array) merupakan komponen tambahan computer yang bertugas menangani masalah grafis pada suatu perangkat computer. Semakin baik kualitas VGA yang digunakan, maka kualitas gambar dan video yang dihasilkan oleh computer akan semakin bagus sehingga meningkatkan kepuasaan pengguna.

Saat ini terdapat begitu banyak brand kartu grafis dari seri GT, GTX, RTX, HD, R5, R7, RX, dan lain sebagainya menawarkan kemampuan grafis tingkat tinggi dengan fitur yang bermacam-macam. Sampai hari ini, banyak orang awam yang kurang paham dalam menentukan VGA mana yang paling tepat untuk kebutuhan, untuk itu kami akan mencoba memberikan beberapa tips, yaitu:

1. Pertama adalah GPU, bukan tentang Brand

Untuk hal ini pastikan Anda tidak terpengaruh oleh pandangan brand adalah segalanya. Tapi memang beberapa brand sudah dipastikan kualitasnya contoh NVIDIA dan AMD, tapi bukan berarti brand lain tidak memiliki kualitas yang mumpuni. Alangkah baik apabila Anda tetap teliti dan memperhatikan GPU pada VGA tersebut. GPU merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk melakukan perhitungan matematis dalam menampikan grafis di layar monitor Anda.

Ketika kalian memperhatikan aspek GPU, kalian akan sering melihat informasi terkait GPU speed. Pastikan Anda memilih VGA Card dengan GPU Speed yang tinggi agar kualitas grafis di computer dapat meningkat signifikan. Semakin tinggi GPU Speed, maka semakin cepat proses render yang berjalan.

2. Core pada VGA

Semakin banyak jumlah core yang dimiliki suatu GPU, maka semakin banyak tugas (proses komputasi) yang bisa dilaksanakan dalam satu waktu.
Ibaratnya, GPU 4 core mengerjakan 2 tugas, maka 1 tugas tersebut akan diselesaikan bersama yaitu 2 core, dimana hal itu menjadi lebih cepat. Hal ini berbanding terbalik apabila dilaksanakan 2 core, maka masing-masing core bekerja sendiri.


3. Pilih VGA dengan TDP kecil (Graphics Card Power)

TDP adalah Thermal Design Power. Semakin besar TDP, maka semakin besar panas maksimum yang dihasilkan VGA Anda. Apa sih pengaruh VGA yang memiliki TDP besar, maka akan membutuhkan listrik yang lebih besar.  Maka pilihlah VGA dengan nilai TDP sekecil mungkin bila ingin lebih irit dan dengan panas yang rendah. 

4. Perhatikan Tipe Memory dan Bandwidth

Beberapa tipe memory VGA yaitu, GDDR2, GDDR3, GDDR5, GDDR5X, GDDR6. Jika dilihat dari segi angka dan kode, maka semakin tinggi, maka semakin baik kemampuan VGA Anda. Sebagai contoh kemampuan GDDR5X dua kali lebih cepat daripada kemampuan GDDR5.

Selain memory, Anda juga harus memperhatikan Bandwidth. Bandwidth pada VGA merupakan jumlah data yang bisa diakses oleh GPU dalam satu waktu. Sehingga semakin cepat bandwidth, semakin cepat proses computer dalam GPU.

5. Sesuaikan dengan Budget

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah “budget” Anda. Sesuaikan dengan budget Anda dalam membeli VGA card. Jika Anda hanya memiliki 1 juta, maka Anda tidak bisa terlalu berharap mendapatkan VGA sekelas GTX 1080, RT X2080, RX570, dsb. Kecuali Anda menggunakan program cicilan yang dibuat oleh beberapa marketplace.

Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, dapat digunakan GT1050 atau RX560. Sementara apabila Anda memiliki budget besar, dapat digunakan RTX2080, RTX1080.


 
Inilah beberapa tips yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu teman-teman dalam membeli VGA card. Saran admin adalah tanya langsung kepada penjual dan lakukan review produk yang Anda inginkan, dan pahami tips-tips yang diberikan diatas.

Jika Anda membutuhkan VGA segera, kami dapat membantu Anda dalam VGA terbaik pilihan pelanggan. 
Semoga bermanfaat, dan Anda dapat share artikel ini agar teman-teman lain dapat mengetahuinya.

---------------------------------------------

Sumber : 

https://www.komputermedan.com/



_____________________________________________
Silahkan mengunjungi Toko Online kami klik disini:

 

Top